PENTINGNYA PENCAHAYAAN ALAMI PADA RUMAH

Sumber : Google


Pencahayaan adalah merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kesehatan dan kenyamanan pada suatu rumah.  Rumah yang tidak dilengkapi dengan sistem pencahayaan yang baik dapat menimbulkan kesan gelap, lembab, dan terkesan kumuh.

Pencahayaan, menurut asal sumbernya, dapat dibedakan menjadi dua macam yaitu pencahayaan alami dan pencahayaan buatan. Pencahayaan alami yaitu pencahayaan yang berasal dari sinar matahari, sedangkan pencahayaan buatan adalah pencahayaan yang berasal dari sinar lampu. Pencahayaan alami dianggap memiliki kelebihan dibandingkan pencahayaan buatan karena mengandung vitamin D yang berguna untuk meningkatkan penyerapan kalsium dan fosfor di dalam tubuh sehingga mempengaruhi kesehatan tulang dan gigi.

Ada berbagai teknik yang dapat diterapkan pada rumah dalam mendatangkan sinar alami yang berasal dari matahari.  Teknik tersebut antara lain dengan melakukan rekayasa pada dinding rumah menggunakan glassblock, yaitu semacam batu bata dari kaca tebal yang dipasang mati pada salah satu bagian dinding sehingga sinar matahari dapat masuk melalui glassblock tersebut. Teknik berikutnya adalah melalui rekayasa pada atap rumah, yaitu dengan memasang atap transparan pada beberapa bagian dari atap rumah pada bagian ruangan yang ingin diterangi oleh sinar matahari.

Ruangan-ruangan dalam rumah yang seharusnya mendapatkan penerangan alami adalah : Ruang Kamar Mandi, Ruang Dapur dan Taman. Bahkan  kreatifitas ide memasukkan penerangan alami tidak hanya berlaku di ruang-ruang tersebut diatas, saat ini ruang keluarga, ruang baca, ruang ibadah bahkan ruang yang bersifat semi privat sangat mungkin diterapkan juga.
Ada berbagai macam atap transparan yang terdapat dipasaran. Dilihat dari bahan materialnya, atap transparan ada yang berasal dari kaca, fiberglass, polycarbonate, plastic dan PVC. Masing-masing jenis atap ini memiliki keunggulan dan kekurangannya masing-masing, namun diantara jenis-jenis atap transparan tersebut, yang berasal dari material PVC lah yang saat ini lebih jamak digunakan di pasaran.



PVC adalah singkatan dari Poly Vinnyl Chloride adalah bahan yang banyak dipakai di dunia terutama di dalam bidang konstuksi yaitu sebagai bahan bangunan, PVC relatif murah, tahan lama, dan mudah dirangkai. PVC bisa dibuat lebih elastis dan fleksibel. Seperti yang kita ketahui, PVC adalah material yang memiliki pori-pori yang sangat kuat dan rapat. Hal inilah yang membuat bahan PVC tidak akan mudah pecah sehingga cocok untuk dijadikan bahan atap transparan untuk rumah.



Komentar